Tugas Presentasi Video Media Pembelajaran Biologi

Indonesia, bahkan banyak negara di dunia sedang mengalami pandemi akibat virus covid-19. Beberapa negara, termasuk Indonesia mengeluarkan kebijakan agar pembelajaran tatap muka ditiadakan dan digantikan dengan pembelajaran daring. Kira-kira keadaan ini sudah berlangsung dari bulan Maret 2020. Bahkan saat postingan ini dibuat pun (28 Desember 2020) di Indonesia masih melaksanakan pembelajaran daring. Tidak hanya pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan secara daring, perkuliahan di perguruan tinggi pun juga demikian. 

Sumber Gambar: Gambar Youtube Edukasi



Dalam pelaksanaan perkuliahan Media Pembelajaran Biologi secara daring dilaksanakan dengan berbagai metode, baik secara sinkronus maupun asinkronus. Secara sinkronus dilakukan melalui aplikasi meeting, baik google meet maupun zoom. Sedangkan secara asinkronus dilakukan dengan cara upload video presentasi di youtube. Berikut adalah beberapa link dari tugas presentasi mahasiswa. 

Kelompok 1: 
        Bab 2. Media Pembelajaran:  Video Presentasi Media Pembelajaran

Kelompok 2: 
        Bab 3. Sejarah dan Perkembangan Media Pembelajaran: Video Sejarah & Perkembangan Media Pembelajaran

Kelompok 3: 
        Bab 4. Landasan Penggunaan Media Pembelajaran: Video Landasan Penggunaan Media Pembelajaran

Kelompok 4: 
        Bab 5. Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran: Video Jenis & Karakteristik Media Pembelajaran

Kelompok 5: 
        Bab 6. Prinsip dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran: Video Prinsip & Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Kelompok 6: 
        Bab 7. Sumber Belajar sebagai Media Pembelajaran: Video Sumber Belajar sebagai Media Pembelajaran

Kelompok 7: 
        Bab 8. Karakteristik Siswa SMP dan SMA Serta Kaitannya dengan Media Pembelajaran: Video Karakteristik Siswa SMP dan SMA serta Kaitannya dengan Media Pembelajaran

Kelompok 8:
        Bab 9. Multimedia: Video Multimedia


Jadi, pada perkuliahan Media Pembelajaran Biologi ini juga memanfaatkan "Youtube" sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, youtube tidak hanya dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai media hiburan semata, tetapi juga media pembelajaran. 

Secara tidak langsung kita juga dapat mengarahkan mahasiswa untuk menemukan cara membuat video pembelajaran, membuat konten youtube bertema pendidikan, cara upload video, dan cara berdiskusi melalui youtube. 

Di halaman video youtube, terdapat fitur komentar video yang bisa dimanfaatkan untuk diskusi kelas. Diskusi bisa dilakukan secara online dari rumah masing-masing mahasiswa, sehingga kita tetap bisa menaati protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak dan tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka dulu selama masa pandemi Covid-19. Melalui fitur komentar, semua anggota kelas dapat mengomentari dan memberi tanggapan, bertanya, serta menjawab pertanyaan. Diskusi melalui fitur komentar youtube bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun agar lebih tertib, bisa saja diambil kebijakan bahwa diskusi dilaksanakan sesuai jam perkuliahan. 

Seperti pada blog Novehasanah (Manfaat Youtube untuk Pembelajaran Guru), di sana dituliskan bahwa 
"di youtube.com, di kita dapat memanfaatkan fitur komentar video untuk diskusi kelas. Tentu diskusinya secara online dan tak akan terhambat oleh masalah waktu. Ketika guru atau siswa mengupload sebuah video di channel kelas yang telah dibuat, setiap anggota kelas dapat mengomentari dan memberi tanggapan, bertanya, atau menjawab pertanyaan-pertanyaan. Diskusi tentu menjadi menarik karena dapat dilakukan dari rumah masing-masing pada waktu senggang. Dan jangan lupakan video streaming milik youtube yang powerful untuk diskusi online. Bahkan jika videonya viral, maka akan lebih banyak orang di luar kelas yang akan ikut berdiskusi dan menambah seru".


Dengan penggunaan youtube sebagai media pembelajaran, mahasiswa bisa menemukan sendiri skill baru yang dapat menunjang mereka baik saat masih di perguruan tinggi maupun di luar perguruan tinggi. Siapa tahu mereka bisa jadi youtuber sukses :D

Komentar

Postingan Populer