Ilmu

Ilmu dan Menuntut Ilmu....
Allah memberi pujian kepada orang yang memiliki ilmu pengetahuan (khususnya pengetahuan agama) dan mempersiapkan pahala bagi siapa saja yang sedang menuntut ilmu. Allah juga mengangkat derajat hamba-Nya yang memiliki ilmu. Allah berfirman,
…Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (al-Mujâdilah: 11)
Allah tidak pernah memerintah Nabi-Nya untuk mencari tambahan pada apa pun, selain pada ilmu. Allah berfirman,
“…Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (Thâhâ: 114)
Rasulullah menjelaskan tentang pahala yang besar bagi orang yang meniti jalan dalam menuntut ilmu. Beliau bersabda,
Barangsiapa yang meniti jalan dalam menuntut ilmu, niscaya Allah akan memudahkan jalannya menuju surga.” (HR. Ahmad)
Zaman sekarang, menuntut ilmu menjadi semakin mudah. Kita tidak lagi harus sembunyi-sembunyi pergi ke sekolah seperti ketika zaman penjajahan dahulu. Saat ini kita benar-benar telah menjadi orang yang merdeka sehingga tak perlu ada ketakutan untuk menuntut ilmu. Bahkan setiap negara telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk meningkatkan pendidikan bangsanya. Misalnya saja dengan membangun sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, perpustakaan, lembaga pendidikan, dan lain sebagainya.
Adapun doa untuk memohon tambahan ilmu yaitu:
1. Taha (114)            : Ya Tuhan kami, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.
2. Asy Syu’ara (83)  : Ya Tuhan kami, berilah aku ilmu dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang soleh.

Rasulullah saw. Bersabda, “Ilmu adalah Cahaya”. Orang-orang yang menuai keberhasilan pasti tidak memulai sesuatunya tanpa ilmu. Ilmu adalah persiapan yang mutlak diperlukan bagi seseorang yang bercita-cita meraih kesuksesan. Tanpa ilmu, segala sesuatu dilakukan bagaikan tanpa petunjuk dan arah. Jika melakukan sesuatu dengan ilmu yang telah kita kuasai dan dengan usaha yang keras serta berserah diri kepada Allah, maka ilmu akan bermanfaat dan membawa kita pada keberhasilan. Sebaliknya, jika kita melakukan sesuatu tanpa ilmu pasti akan menuai kegagalan. Maka dari itu, lakukanlah pekerjaan dengan ilmu, jemputlah kesuksesan dan keberhasilan dengannya!

Banjarmasin, 3 Agustus 2011
by Nana CL
nanacitra.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer