Banyak Membaca, Kaya Manfaat

Banyak Membaca, Kaya Manfaat

Begitu banyak manfaat membaca untuk kita. Selain memperoleh hiburan, cakrawala pandangan dan pemikiran kita pun dapat terbuka karena buku adalah “jendela informasi dunia”.

Aku sendiri masih berusaha membiasakan membaca. Dengan membaca akan membantuku sedikit demi sedikit menjadi lebih pintar. Aku tidak mau menjadi orang yang sia-sia dan tanpa manfaat dalam hidup ini. Aku tidak mau jadi orang yang merugi karena tidak ada usaha untuk memperbaiki diri. Meski aku belum jadi orang yang pintar, tapi setidaknya aku tidak berdiam diri menerima nasib.
Berikut adalah kalimat-kalimat menakjubkan dari para tokoh mengenai pentingnya membaca.
1.         Alvin Toffler: The illiterate of the future will not be the person who cannot read. It will be a person who does not know how to learn. (Di masa yang akan datang, orang yang buta huruf bukan semata-mata orang yang tidak dapat membaca. Yang paling celaka, dia akan menjadi orang yang tidak tahu bagaimana caranya belajar).
2.         Cicero: A room without books is like a body without a soul. (Sebuah ruangan tanpa buku/jika seseorang tidak membaca bagaikan badan tanpa jiwa).
3.         David Shenk: Books are the opposite of television. They are slow, engaging, inspiring, intellect-rousing, and creativity-spurring. (Buku/membaca adalah kebalikan dari menonton/televisi. Buku memang lambat, namun menarik hati, menginspirasi, mengasah otak, dan menumbuhkan kreativitas).
4.         Harvey Mackay (penulis buku Swim with the Sharks without Getting Eaten Alive!): Our lives change in two ways: through the people we meet and the books we read. (Hidup kita diubah oleh dua hal: lewat orang yang kita jumpai dan buku yang kita baca).
5.         Harry Truman: Not every reader is a leader, but a leader must be a reader. (Tidak setiap kutu buku adalah pemimpin, namun setiap pemimpin pasti kutu buku).
6.         Ralph Waldo Emerson: Books are for nothing but to inspire. (Manfaat buku tiada lain, kecuali memberikan inspirasi).
7.         G.K. Chesterton: There is a great deal of difference between the eager man who wants to read a book and the tired man who wants a books to read. (Ada perbedaan besar antara orang dewasa yang ingin membaca dan seorang pensiunan yang menginginkan sebuah buku untuk dibaca).
8.         Francis Bacon: Some books are to be tasted… others to be swallowed… and morefew to be chewed and digested. (Beberapa buku dikecap… beberapa diteguk… dan hanya sedikit yang dikunyah-kunyah dan dicerna).
9.         Mark Twain: The man who does not read good books has no advantage over the man who can’t read them. (Orang yang tidak membaca buku bermutu tidak punya peluang mengalahkan orang yang tidak membaca).
10.     Gustave Flaubert: Read in order to live. (Membaca untuk hidup).
11.     Marshall McLuhan: Guttenberg made everybody a reader, Xerox makes everybody a publisher. (Gutenberg membuat setiap orang jadi pembaca, namun Xerox membuat setiap orang jadi penerbit).
12.     Abigail van Buren: Richer than I you never be, for I had a mother who read to me. (Anda tidak pernah lebih kaya dari saya, sebab saya punya ibu yang membacakan buku untuk saya).
13.     Lord Bryon: A drop of ink may make a million think. (Setetes tinta dapat menjelma jadi sejuta pemikiran).
14.     Lacordaire: Only three are necessary to make life happy: the blessing of Good, books, and friend. (Hanya tiga perkara yang menjadikan hidup ini bahagia: rahmat Tuhan, buku, dan teman).
15.     Erasmus: When I get a little money, I buy books; and id any is left, I buy food and clothes. (Jika saya punya uang, saya membeli buku; dan kalau ada sisa, saya baru membeli makanan dan pakaian).
16.     Jonathan Swift: When I am reading a book, whether wise or silly, it seems to me to be alive and talking to me. (Ketika membaca buku, baik yang isinya bijak maupun dungu, sama-sama memberikan saya hikmat dalam hidup dan mengajarkan banyak hal).
17.     Christopher Morley: The real purpose of books is to trap the mind into doing its own thinking. (Tujuan sejati dari buku ialah mendorong otak kita untuk melakukan apa yang dipikirkan).
18.     Frans Kafka: One reads in order to ask questions. (Seseorang membaca agar dapat bertanya).
19.     Burke Hedges: Powerful writings are burned like a brand into the collective consciousness of a culture, even if very few people take the time to read those writings. (Bacaan yang penuh daya adalah bara api seperti halnya pikiran dalam suatu kesadaran kolektif sebuah peradaban, meski hanya sedikit orang yang menyisihkan waktu untuk membaca).
20.     Thomas à Kempis: I have a sought for happiness everywhere, but I have found it nowhere except in a little corner with a little book. (Saya telah mencari kebahagiaan di mana-mata, namun kini saya menemukannya di sudut sempit dalam sebuah buku mungil).
21.     William Ellery Channing: In the best of books, great men talk to us, give their most precious thought, and pour their souls into ours. (Dalam buku bermutu, manusia luar biasa mengatakan sesuatu pada kita, memberikan pemikiran yang hebat, dan menuangkan jiwanya pada kita).
22.     Slogan for the Center for the Book, Library of Congress: Books give us wings. (Buku memberi kita sayap).
Buku yang kita baca memiliki pengaruh terhadap pikiran dan tindakan kita. Saat kita menemui kesulitan atau kegagalan, cobalah baca buku-buku yang membantu membangkitkan inspirasi dan motivasi kita. Membaca buku berisi motivasi akan membuat kita bersemangat dalam memulai sesuatu. Membaca buku penyejuk iman dapat membawa kita pada ketenteraman dan kedamaian hati. Baca dan terapkanlah dalam kehidupan, maka pikiran dan hati akan dipenuhi dengan kebaikan.
Jadi tak perlu diragukan lagi, begitu banyak manfaat membaca. Dengan membaca, kita dapat memperluas wawasan dan pengetahuan, meningkatkan kemampuan imajinasi, mendorong kreativitas berfikir, mampu mengubah cara berpikir, dapat mengobati dan menghilangkan stres, menguatkan otak dan pikiran, menguatkan pikiran, dan bahkan dapat menjadi gerbang perubahan. Jika ingin menemukan manfaat membaca bagi diri kita sendiri, ayo kita mulai membaca buku!

Referensi Pendukung:
Putra, R.M.S. 2008. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. PT Indeks. Jakarta.
Manis, H. 2010. Learning is Easy. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Naafiah, A. 2010. 99 Tips Praktis Berpikir Positif. Mutiara Media. Yogyakarta.  



















Banjarmasin, 2 Agustus 2011
by  Nana CL





Komentar

Postingan Populer