Teori Pendidikan & Teori Pendidikan IPA

Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD 1
Bab 2. Teori Pendidikan dan Teori Pendidikan IPA
Dosen Mata Kuliah: Nana Citrawati Lestari, S.Si., M.Pd. 

******
Assalamualaikum wr. wb. 
Hai apa kabar mahasiswa PGSD STKIP PGRI Banjarmasin?

Dikarenakan saat ini di beberapa negara sedang terjadi pandemi virus Corona atau yang dikenal juga dengan COVID-19, dan Indonesia juga sebagai salah satu negara yang sedang mengalaminya. Maka dari itu pemerintah dan lembaga-lembaga terkait memberikan surat edaran yang berisi aturan untuk melaksanakan perkuliahan secara daring. Begitu pula dengan di kampus kita yang melaksanan kuliah daring hingga 31 Maret 2020. 

Nah untuk kuliah daring kita kali ini, dilaksanakan melalui blog ini. Mekanisme perkuliahannya yakni:

1. Silakan tonton dan pelajari empat video tentang teori pendidikan dengan meng-klik link yang ada di bawah ini!
    a) Teori Behavioristik: Video Teori Behavioristik 
    b) Teori Kognitivisme: Video Teori Kognitivisme 
        (Sumber: Senja Jelita Wangi)
    c) Teori Konstruktivisme: Video Teori Konstruktivisme 
        (Sumber:  Ineffable A)
    d) Teori Humanistik: Video Teori Humanistik 
        (Sumber: Reza Irshady)

2. Jika sudah selesai menonton, silakan pelajari slide presentasi dengan mengklik link yang ada di bawah ini! 

3. Analisa lah KEKURANGAN, KELEBIHAN, dan KESAN terhadap Slide Presentasi Teori Pendidikan!

4. Tuliskan hasil analisis terhadap Slide Presentasi Teori Pendidikan tersebut dengan menuliskan pada kolom komentar di postingan blog ini. Adapun isi komentar WAJIB berisi KEKURANGAN, KELEBIHAN, dan KESAN terhadap isi materi dan desain PPT. Jangan lupa tuliskan nama dan NPM kamu ya...  

6. Isi komentar merupakan bukti kehadiran kuliah daring/online serta telah melaksanakan tugas. Login dulu dengan akun gmailmu sebelum menuliskan komentar. 

7. FOLLOW blog ini sebelum keluar ya. Salam dan semoga kita semua selalu sehat, dan pandemi ini segera berlalu. Aamiin. 

Terimakasasih. Wassalamualaikum wr. wb. 

Komentar

  1. M. Teja Nor Ihsan24 Maret 2020 pukul 07.54

    Assalamu'alaikum wr.wb
    M. Teja Nor Ihsan (3061856145)
    Menurut saya,
    Kelebihan dari PPT teori pendidikan ini terletak pada desain ny yg menarik,serta penjelasannya yg tidak bertele-tele yg mana langsung ke point²penting dari teori pendidikan.
    ....
    Kekurangannya menurut saya mungkin hanya sedikit, tepatny pada penjelasan teori kognitivistik yg kurang saya pahami...
    ...
    kesan saya mengenai ppt ini penyusunannya sudah cukup menarik yg mana point²penjelasannya tersusun dengan cukup rapi serta terdapat gambar²sebagai pendukung penampilan dari ppt teori pendidikan tersebut.
    ...
    mungkin itu saja dari saya bu
    sekian terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas komentarnya. Ini sebagai bukti kamu sudah mempelajarinya.

      Hapus
  2. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama : Indryani (3061956196)

    Menurut saya ppt ini tersaji dengan rapi, dan sangat berwarna, sehingga membuat pembaca pastinya akan lebih semangat :) materi yg ada juga sudah lengkap dan jelas. Saya hampir tidak melihat kekurangan di ppt ini. Namun pada bagian perbedaan TB behavioristik dengan TB konstruktivistik itu tulisannya terlalu kecil. Tapi Alhamdulillah masih bisa di baca :)

    Kesan saya setelah melihat dan membaca ppt ini adalah merasa terinspirasi dengan desain menarik yang mereka buat. Mungkin nanti saya akan mencoba membuat bahan materi dengan desain semacam ini:)

    Itu saja dari saya bu,
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih Indryani, semoga kamu nanti bisa bikin PPT yg lebih menarik lagi dari ini ya.

      Hapus
  3. assalamualaikum wr.wrb
    siti mahdah ihdawati (3061956055)

    menurut saya kelebihan dari slide presentasi teori pendidikan ini dalam segi penampilanya, yaitu setiap point poinnya selalu menjelaskan apa yang terkait dengan point tersebut, dan selalu menyempilkan gambar gambar yang menambah ketertarikan bagi si pembaca, tidak hanya itu bahasa yang di gunakan juga sangat mudah di pahami, dan setiap slide memberikan warna warna yang berbeda sehingga membuat si pembaca tidak mudah bosan dalam mempelajari nya.

    selain kelebihan, ada juga kekurangan dalam slide presentasi teori pendidikan ini, yaitu ada beberapa slide yang huruf nya bisa di bilang kecil, sehingga bagi kita yang mata nya minus harus di zoom dulu untuk membacanya.

    kesan saya dalam membaca dan mempelajari teori pendidikan ini adalah sangat menarik bagi saya, menarik dalam hal menampilkan berbagai macam warna, sehingga saya tidak bosan dalam membaca serta mempelajari nya berkali kali.

    itu saja menurut saya..
    terimakasih
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Siti Mahdah, iya betul sekali pendapat kamu. Untuk slide presentasi powerpoint memang sebaiknya ukuran huruf jangan terlalu kecil.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wr.wb
    Annisa Rahmalia (3061956085)

    Alhamdulillah saya sudah membaca habis slide presentasi yang tertera dan saya terkesan atas kerapian tampilan dan kejelasan isinya, itu merupakan kelebihan slide tersebut. Namun yang sangat sayangkan, mungkin jika slide presentasi tersebut ditayangkan di depan kelas, kemungkinan anak-anak berkacamata seperti saya akan kesulitan untuk melihatnya.

    Itu saja dari saya, secara keseluruhan presentasi ini sangat bagus dan berbobot untuk ditayangkan

    Sekian, terimakasih

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Rahmalia. Komentar kamu cukup menghibur😁
      Iya hurufnya kekecilan ya sayang untuk yg berkacamata seperti kamu.

      Hapus
  6. Assalamualaikum wr.wb
    Intan mahdiani blegur (3061956129)

    Baik di sini saya sudah membaca sampai slide terakhir menurut saya setiap slide disajikan dengan sangat rapi dan hampir tidak ditemukan kekurangan.

    Tetapi ada salah satu slide yang saya baca berulang kali untuk memahami isinya
    Mengapa saya katakan seperti itu?
    Karena di slide yang membahas tentang konstruktivisme sulit dipahami oleh saya sendiri sebab di slide konstruktivisme banyak menggunakan kata-kata ilmiah seperti salah satunya adalah kata konstektual.

    Kesannya adalah saya senang dengan slide yang di tampilkan sebab slide nya banyak menggunakan macam-macam warna sehingga slidenya tidak terlihat monoton.

    Cukup itu saja pendapat dari saya
    Maaf jika ada kesalahan dalam beropini
    Terima kasih,
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Intan. Oh kendalanya di istilah2 yg agak sulit dipahami ya.

      Hapus
  7. assalamualaikum wr.wb
    mahfuzah(3061956029)

    alhamdulillah saya sudah membaca semua slide
    kelebihannya menurut saya adalah di beberapa slide ada tampilan tokoh-tokoh yang menjadi pelengkap dalam sebuah penjelasan yang tertera di salah beberapa slide,tetapi ada juga disalah satu slide saya menemukan bacaan yang kurang jelas dan itu membuat saya sulit untuk membacanya dan memahaminya dan hendaknya ada satu atau dua contoh dari beberapa slide untuk memperjelasan pemahaman si pembaca.

    kesannya slidenya sangat bagus dan membuat si pembaca tidak bosan karna menggunakan warna yang bermacam-macam.

    cukup sekian opini saya
    mohon maaf apabila ada kesalahan dalam mengemukakan pendapat.
    sekian terima kasih.

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mahfuzah. Ohh ada slide yg isinya kurang jelas ya? Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kita dalam membuat ppt ya. Terimakasih.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum wr. Wb
    Dewi Nofiyanti Wulan Dhari
    3061856136
    Untuk menanggapi slide persrntasi ibu, penampilan slide sederhan dan cukup jelas dalam memaparkan bahan materi serta terlihat simole dengan kombinasi war serta gambar sebagai penunjang. mengenai bahan materi diman yeori Behavioristik merupakan teori belajar yang memberikan stimulus kepada siswa sehingga siswa memperikan respon balik dan dilakukan secara berulang ulang untuk memperkuat ingatan mereka. Teori konstruktif adalah teori yang memberikan pengetahuan melalui pengalaman kongkrit siswa yang terus berubah ubah.teori pendidikan merupakan teori belajara yang digunakan dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
    Sekian tanggapan dari saya bu, mohon maaf bila ada salah kata terkait tanggapan dari saya
    Wassalamualaikum,wr.wb

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum wr. Wb
    Nurhidayah (3061956123)

    Dari beberapa slide saya sangat puas membacanya karena ada nya kombinasi warna dengan tertera gambar itu yg membuat saya senang membaca tidak bosan membacanya. Dan saya liat dari slide ke slide ada bacaan yg terlalu kecil saya hampir tidak bisa melihat tetapi alhamdulillah masih bisa saya baca. Saya sangat tertarik dengan penampilannya, mungkin jika ditayangkan secara langsung akan lebih menarik.

    Itu saja dari saya
    Sekian, terima kasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum wr wb
    Nama saya Siti Rahimah (3061956030)

    Setelah saya membaca semua slide yang ditampilkan diatas tentang teori pendidikan, slide tersebut membuat saya terkesan dengan tampilan yang menarik yaitu dengan mengkombinasikan beberapa warna yang mencolok sehingga menarik untuk dilihat. Dan itu merupakan kelebihan dari slide tersebut, penjelasannya pun juga menarik dan dapat dipahami.
    Namun, kekurangan dari slide diatas adalah ketidak konsistenan dalam menampilkan ukuran font sehingga ada slide yang kalau tidak di zoom tidak bisa terbaca, artinya apabila ditampilkan didepan orang-orang akan kekusahan membaca materinya karena ukuran fount yang kekecilan.

    Kesan saya setelah membaca slide ini adalah dapat menambah wawasan dan pengetahuan saya mengenai teori pendidikan dan bagaimana cara membuat slide agar lebih menarik untuk dilihat.
    Itu saya yang dapat saya sampaikan terimakasih
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum wr.wb
    Muhammad Febrian noor
    3061856030

    Setelah saya memahami dan memperhatikan slide presentasi di atas, tampilan yang di berikan sangatlah menarik sehingga tidak membuat bosan apabila diterapkan kepada anak SD. Karna anak SD lebih menyukai hal hal bergambar dan penuh warna.

    Untuk kekurangannya adalah masih terlalu banyak tulisan apabila PPT ini disajikan terhadap mahasiswa, karna mahasiswa dituntut untuk menggali materi tersebut, sebaiknya hanyalah inti/alur/berbentuk pertanyaan

    Kesan saya setelah membaca slide ini adalah dapat mengetahui tentang teori pendidikan tana harus membuka makalah terlebih dahulu.

    Itu yang dapat saya sampaikan, terimkasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum wr.wb
    saya Maulida Agus Tiarma, NPM 3061856161

    menurut saya slide yang disajikan sudah mencakup materi yang ingin disampaikan, namun setidaknya di cek kembali penulisan karena banyak sekali ditemukan typo didalam slide. pemilihan gambar pun harap pilih gambar yang jangan kabur, jika memungkinkan ketik ulang tabel yang tulisannya kabur, untuk tema slide sudah bagus konsisten dengan warna biru, walaupun masih telalu banyak tulisan didalamnya.
    kesan saya untuk slide ini, cukup bagus jika dipergunakan untuk merangkum materi yang ingin disampaikan, namun jika slide ini digunakan untuk presentasi di depan orang awam, maka slide ini masih perlu banyak perbaikan.

    Hal tersebut yang dapat saya sampaikan, terimakasih
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum wr.wb
    Nama : Nor Atqia
    NPM : 3061956220

    Menurut saya,
    Kelebihan dari PPT yang berisikan materi tentang Teori Pendidikan dan Teori Pendidikan IPA ini terlihat dari isi materinya yang sebagian besar mudah dipahami dengan bahasa dan pembahasan/penjelasan yang tidak berbelit-belit dan PPT tersebut juga menggunakan desain yang menarik dengan slide presentasi yang warnanya tidak terlalu mencolok dan sebagian slide presentasi tersebut disertai dengan gambar-gambar yang sesuai dengan isi materi dari PPT tersebut.

    Kekurangan dari PPT ini menurut saya ada beberapa slide presentasi yang terlalu banyak dan panjang dalam pembahasan/penjelasannya yang membuat beberapa slide tersebut menjadi penuh dengan tulisan (materi), sehingga tulisan (font) pada PPT tersebut menjadi agak kecil.

    Kesan saya terhadap isi materi dan desain PPT ini yaitu isi materinya rapi dengan bahasa yang tidak berbelit-belit, sehingga membuat pembaca dapat menangkap dan mengerti/memahami isi materi dari PPT tersebut. Desain PPT tersebut menarik dengan gambar-gambar yang sesuai dengan materi tentang Teori Pendidikan dan Teori Pendidikan IPA, sehingga pembaca merasa tertarik untuk membaca dan mempelajari materi dari PPT tersebut.

    Itu saja dari saya, terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb.

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Nama: Muzriqah
    NPM: 3061856027

    Menurut saya setelah membaca slide yang sudah disajikan, ppt ini sudah jelas dari segi penyampaian materinya sehingga mudah untuk dipahami para audience, dan tampilan setiap slide nya juga menarik dengan tampilan gambar² yang sesuai dengan penyampaian materi, dan warna nya juga cukup mencolok sehingga membuat audience lebih ingin mempelajarinya
    Untuk kekurangannya, mungkin dalam penyajian ppt bisa lebih diperhatikan lagi dalam hal penulisan nya, karena masih ada yang salah dalam penulisan kata² nya dan di beberapa slide ada tulisan yang kecil sehingga membuat pembaca harus me-zoom terlebih dahulu.
    Kesan yang bisa saya sampaikan setelah membaca slide ini Alhamdulillah dapat menambah wawasan saya dari materi Teori Pendidikan dan Teori Pendidikan IPA yang belum saya ketahui sebelum nya.
    Mungkin beberapa hal ini saja yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer