Aku dan Buku: kadang BIBLIOPHILE, kadang TSUNDOKU.

Halo, Assalamualaikum. Apa kabar??? Lama juga rasanya aku tidak menulis di blog ini. Kali ini, judul postinganku adalah "Aku dan Buku: kadang BIBLIOPHILE, kadang  TSUNDOKU". 

Sebelumnya aku paste dulu ya pengertian mengenai bibliophile dan tsundoku yang aku dapat dari blog "KeePArt" dengan tautan http://keepartt.blogspot.co.id/2016/06/bookworm-mengenal-istilah-penggemar-buku.html. Berikut hasil paste informasinya.

1. BIBLIOPHILE     Bibliophile itu istilah buat orang yang suka buku, ya mencintai buku wkwkwk. Mungkin bibliophile ini memiliki perpustakaan pribadi di rumahnya sendiri saking dia sukanya sama buku buat bahan bacaan. Seorang bibliophile rela ngeluarin uangnya cuma buat beli buku favoritnya walaupun buku itu sendiri harganya mahal.
     Mereka gak tanggung-tanggung ngoleksi buku jika bukunya ada banyak seri. Kebanyakan bibliophile itu seorang kolektor buku walau gak semuanya sih. Mereka juga gemar nyari buku bekas atau buku lama buat koleksi mereka. Pokoknya yang pasti bibliophile ini kutu buku banget. Dan yang pasti pengetahuan mereka amat luas.
2. TSUNDOKU      Nah siapa di sini tsundoku? Tau tsundoku? 
Tsundoku sendiri merupakan istilah dari Jepang. Tsundoku itu sebutan buat orang yang suka banget beli buku tapi gak dibaca beda sama bibliophile ya. Kalo bibliophile beli buku dibaca, kalo tsundoku beli-beli aja gak dibaca alias cuma jadi pajangan aja. Entah kenapa ada orang punya kelainan jiwa kayak gitu ya wkwkwk.
Coba bukunya sumbangin ke perpustakaan daerah atau di kota, di sekolah-sekolah juga.
     Contohnya ada kakek di AS namanya Frank Rose. Dia seorang tsundoku, buku yang dimilikinya mencapa 13.000 banyak bener ya :v. Tapi untung aja si kakek akhirnya mau nyumbangin semua bukunya ke perpustakaan. Ya dari pada sayangkan nanti bukunya dimakanin rayap.
________________________________________

Mengenai buku, memang terkadang aku bibliophile dan terkadang hanya tsundoku. Aku menyukai buku, bahkan aku punya mimpi ingin punya perpustakaan pribadi. Aku juga sering susah meminjamkan buku pada orang lain, karena takut kalau buku-buku aku bakalan rusak. Jadi sebenarnya sifatku ini agak kurang baik sih.... (yang jelek-jelek jangan ditiru ya.... :D).

Mimpi punya perpustakaan pribadi belum tercapai, terkendala tidak punya ruangan dan sekarang harga buku makin mahal saja. Tapi, aku belum mengubur mimpi itu kok. Suatu saat, akan kuwujudkan. 

Saat ini, koleksi bukuku belum banyak sih,,,, Yang tersusun rapi baru satu lemari. Buku yang lain, masih aku butuhkan untuk berada di luar lemari. Berikut ini foto koleksi buku yang aku punya.



Foto:





Love book

Komentar

Postingan Populer